Apa Akibatnya Jika ASI Banyak Tapi Tidak Keluar?

Apa akibatnya Jika Asi banyak tapi tidak keluar

Apa akibatnya jika ASI banyak tapi tidak keluar – Ibu menyusui ini tidak jarang memiliki masalah pada ASI nya. Seperti ASI yang mampet, atau pun ASI yang kurang banyak. Bahkan ada yang ASI nya tersebut banyak tetapi tidak bisa keluar. Nah, untuk masalah yang satu ini tentu akan ada solusi dan cara untuk mengatasinya. Anda bisa memancing ASI supaya keluar dengan menggunakan pompa.

Hal yang demikian ini ternyata sangat efektif dan ASI jadi kembali keluar serta tak mampet lagi. Akan tetapi, bila ASI tak bisa keluar, kira – kira apa ada akibatnya? Jawabannya tentu akan ada akibat yang dirasa secara langsung atau tak langsung. Lalu apa saja sih akibatnya bila ASI banyak tapi tidak keluar? Untuk mengetahui jawaban lebih detailnya, mari simak beberapa ulasan di bawah ini.

Apa akibatnya Jika Asi banyak tapi tidak keluar

Akibat Jika ASI Banyak Tapi Tidak Keluar

Berikut ini adalah beberapa informasi detailnya tentang apa saja akibatnya bila ASI banyak tetapi tidak keluar yang harus Anda ketahui. Adapun beberapa akibatnya yang ditimbulkan diantaranya sebagai berikut :

Harus menggunakan cara manual supaya ASI keluar

Mengenai pertanyaan apa akibatnya jika ASI banyak tapi tidak keluar, salah satu jawaban terbaiknya adalah Anda harus gunakan cara manual supaya ASI bisa segera keluar. Nah, Anda bisa gunakan pompa yang terasa nyaman untuk digunakan pada payudara Anda, dan pastikan lebih dulu alat pompa tersebut benar – benar sudah bersih dan steril sebelum digunakan. Setelah itu, Anda bisa menggunakan pompa untuk keluarkan ASI. Dan ASI yang sudah dikeluarkan bisa jadi persediaan bayi Anda nanti.

Tak bisa menyusui secara langsung

Pastinya sangat disayangkan sekali bila tak bisa menyusui secara langsung. Ini jadi salah satu apa akibat bila ASI banyak tapi tidak keluar. Anda hanya bisa menyusui secara langsung bila ASI sudah bisa keluar sendiri, tanpa harus melakukan pemijatan atau dipompa. Jadi, untuk beberapa saat Anda tak bisa menyusui secara langsung pada bayi Anda.

  Hello world!

Terjadi pembengkakan

Akibat lain dari masalah ASI banyak tapi tidak keluar adalah adanya pembengkakan di area payudara. Hal tersebut karena ASI tidak bisa keluar dan terjadi penyumbatan. Namun, produksi ASI semakin menumpuk sehingga payudara jadi membengkak. Untuk hilangkan bengkak, Anda bisa mengkompresnya dengan menggunakan air hangat dan memberikan sedikit pijatan supaya ASI keluar, atau bisa dengan menggunakan pompa atau kubis untuk memperkecil pembengkakan.

Payudara akan terasa sangat sakit

Payudara akan terasa sangat sakit juga jadi salah satu akibat jika ASI banyak tetapi tidak keluar. Ini terjadi dikarenakan produksi ASI terjadi secara terus menerus, sementara itu ASI yang telah diproduksi tidak bisa keluar. Jadi, ASI akan jadi semakin menumpuk dan payudara jadi bengkak. Nah, pembengkakan payudara ini yang sebabkan payudara Anda terasa sangat sakit, bahkan bisa nyeri. Lebih baik Anda memompa supaya ASI bisa berkurang dan rasa sakitnya juga bisa berkurang.

Apabila Anda memang mengalami masalah ASI banyak tapi tidak keluar seperti di atas, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi Mamax ASIX. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang akibatnya jika ASI banyak tapi tidak keluar. Semoga bermanfaat.

  Tips Cara Memompa ASI Agar Keluar