Apakah ASI Ibu Bisa Basi dan Cara Mengatasinya

Apakah Asi Ibu Bisa Basi dan cara mengatasinya

Apakah ASI ibu bisa basi dan cara mengatasinya – Pemberian ASI eksklusif ini memang sangat disarankan bagi ibu pasca melakukan persalinan. Pemberian ASI eksklusif ini tak terjadwalkan sebab disesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda. Dan setelah bayi Anda mencapai usia 6 bulan, maka bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan atau minuman lain, tetapi dengan masih diberikan ASI sampai bayi berumur 1 – 2 tahun.

Untuk Anda yang memiliki kesibukan di luar rumah, beberapa diantara Anda yang bekerja atau pun terpaksa memberikan ASI dengan cara menyimpannya untuk persediaan di rumah. Hal tersebut dilakukan agar tetap menunjang pertumbuhan serta perkembangan bayi yang optimal. Tetapi beberapa anggapan masyarakat yang berkembang bahwasannya pemberian ASI pada bayi harus dilakukan dalam ASI yang masih segar, lalu penyimpanan ASI yang lama akan mengakibatkan kondisi bayi bermasalah. Selain hal tersebut, ada juga yang berpendapat bahwasannya ASI juga bisa alami basi sehingga tak bisa diberikan pada bayi.

Apakah Asi Ibu Bisa Basi dan cara mengatasinya

Lalu, Apakah ASI Ibu Bisa Basi dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pentingnya memberikan ASI eksklusif sebab memiliki tujuan untuk memberikan pertumbuhan optimal pada tumbuh kembang bayi Anda, sehingga bisa memaksimalkan imunitas pada bayi. Selain hal tersebut kandungan nutrisi yang ada di dalam ASI lebih sempurna daripada susu formula. Buat Anda yang hendak memberikan ASI pada bayi tak perlu khawatir dengan ASI basi di dalam tubuh Anda. hal yang demikian ini hanya mitos yang berkembang di masyarakat. Sebetulnya jika Anda akan bepergian Anda bisa memberikan ASI pada bayi Anda dengan cara memerah maupun menyimpan perahan ASI di dalam botol. Ada baiknya disimpan pada suhu yang tepat di dalam lemari es.

  Solusi Cara Mengatasi ASI Ibu Belum Keluar Setelah Melahirkan

Bahkan Anda juga tak perlu khawatir dengan pasokan ASI Anda sebab cara kerja payudara sangat simple. Semakin sering dikeluarkan, maka produksi ASI akan selalu terjaga dan meningkat dengan baik, sehingga upaya untuk sediakan alat perah ASI baik saat Anda ada di kantor atau di rumah.

Jika Anda memang menemukan secara fisik air susu bayi terpisah jadi dua lapisan setelah disimpan, seperti lapisan paling atas lebih kental dan yang bawah tampak encer, ini bukan tanda bahwa ASI telah basi. Dalam keadaan normal ASI segar beraroma manis dan mempunyai bau sedangkan ASI yang disimpan di dalam lemari es beberapa waktu, memiliki rasa yang berbau, asam, juga terasa seperti sabun. Ini terkadang dikarenakan kandungan ASI yang mengandung enzim lipase di ASI berlebihan, sehingga menjadikan lemak yang ada di dalam ASI akan pecah oleh enzim lipase tersebut dan tak membahayakan bayi.

Jika Anda temukan ASI yang sudah disimpan alami perubahan bau serta rasa tajam, dan bayi Anda menolaknya, lebih baik jangan diberikan terlebih dulu. Meskipun demikian, Anda bisa melakukan pencegahan dengan cara memanaskan ASI. Yakni dengan merendam ASI di dalam air panas beberapa menit hingga ASI bisa Anda rasakan hangat. Lalu jika Anda mendapat ASI yang cukup lama, Anda bisa memanaskan 82 derajat celcius atau sampai muncul gelembung di pinggiran panci. Jangan pernah membiarkan ASI mendidih, lalu segera dinginkan ASI.

Selain hal tersebut, apabila Anda memiliki masalah mengenai produksi ASI yang sedikit, maka kami sarankan agar Anda rutin dan teratur konsumsi Mama ASIX. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

  Mengapa Payudara Terasa Memar dan Sakit Ketika ASI Tidak Lancar Keluar?

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang apakah ASI ibu bisa basi dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.