Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi?

Apakah ibu menyusui boleh minum kopi – Banyak ibu menyusui yang bimbang dengan kopi, banyak juga yang bertanya apakah ibu menyusui boleh minum kopi? Sebelum kita bisa pastikan kopi apakah baik atau tidak untuk ibu menyusui lebih dulu kita harus tahu kandungan didalam kopi.

Dalam secangkir kopi terdapat kandungan kafein. Kandungan kafein dalam kopi memiliki jumlah yang besar, kandungan ini menjadi kandungan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dampaknya kurang baik pada kesehatan dan psikis, utamanya pada ibu menyusui. Lalu apakah ibu menyusui boleh minum kopi?

Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi

Boleh Tidaknya Kopi Untuk Ibu Menyusui

Kalau Anda bertanya apakah ibu menyusui boleh minum kopi? Sebenarnya tak ada larangan pasti ibu menyusui tidak boleh mengonsumsi kopi akan tetapi didalam kopi terdapat kandungan kafein yang tidak baik untuk ibu yang tengah menyusui.

Dalam kondisi di luar hamil mungkin efek kafein tidak akan berpengaruh. Akan tetapi dalam kondisi menyusui, tentu ada hal yang perlu diperhatikan. Kadar normal ibu menyusui atas kafein sebaiknya tidak lebih dari 300 mg. Disebutkan juga bahwa kafein yang dikonsumsi ibu menyusui akan masuk ke sistem sirkulasi ke seluruh tubuh dan termasuk menuju ke kelenjar air susu. Disebutkan juga bahwa kafein yang dapat ikut ke dalam ASI sekitar 1% dari jumlah kafein dari kopi yang dikonsumsi.

Sebenarnya selain kopi, ada bahan lain mengandung kafein yang pengonsumsiannya pada ibu hamil harus hati – hati diantaranya cokelat, minuman soda, minuman berenergi, obat – obatan dan masih banyak lagi. Terlalu banyak mengonsumsi kopi akan mengakibatkan beberapa bahaya pada bayi diantaranya :

Bayi susah tidur

Susah tidur karena kopi tidak hanya akan dialami oleh ibu melainkan juga kepada bayi. Hal ini karena kandungan kafein yang terdapat didalam ASI setelah ibu mengonsumsi kopi secara berlebihan. Bayi utamanya yang baru lahir membutuhkan waktu tidur sesering mungkin dengan intensitas yang lebih panjang agar kesehatannya bisa terjaga. Jika bayi tidak mudah tidur tentu akan terjadi penurunan daya tahan tubuh nantinya.

  Tips ASI Eksklusif Bagi Ibu yang Bekerja

Bayi diare

Bayi juga bisa mengalami diare. Hal ini karena dampak gangguan pencernaan dari kafein pada bayi dimana sistem pencernaan bayi yang masih belum mampu mengonsumsi kafein didalam ASI akan mengakibatkan hal ini terjadi.

Bayi jadi lemah

Bayi juga bisa menjadi lemah karena kafein. Hal ini karena efek setelah muntah dan diare sehingga bayi merasa kurang energi. Dan akibatnya tubuhnya akan terasa lemah dan lemas. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama tentu akan mengancam jiwa.

Karena itu baiknya ibu menyusui menjauhi yang namanya kopi. Jika masih bertanya juga apakah ibu menyusui boleh minum kopi, kami jawab tidak dianjurkan. Selain tidak dianjurkan mengonsumsi kopi, ibu menyusui harus fokus pada cara melancarkan ASI.

Selain mengubah gaya hidup dan mengonsumsi aneka makanan sehat sangat disarankan agar ibu menyusui menginsumsi Mama Asix. Mama Asix merupakan teh herbal yang dikhususkan untuk ibu menyusui karena manfaatnya dapat meningkatkan daya tahan ibu menyusui sekaligus dapat membantu melancarkan ASI Anda.

Pada Mama Asix Anda akan bisa gunakan satu pack Mama Asix dalam waktu 30 hari jadi sangat hemat. Mama Asix didalamnya mengandung berbagai bahan herbal diantaranya fenugreek, adas, bunga lawang, habbatussauda, temulawak serta kayu manis. Kelebihan lainnya Anda bisa konsumsi dengan cara saji yang mudah dan cepat.

Karena itu jangan lupakan Mama Asix sebagai produk teh pelancar ASI terbaik untuk Anda. Konsumsi dan dapatkan sejuta manfaat dari Mama Asix.

You may also like...