Berapa Lamakah ASI Ibu Bertahan?

Berapalamakah Asi Ibu Bertahan

Berapa lamakah ASI ibu bertahan – Perlu Anda tahu bahwa salah satu solusi paling efektif yang sering diaplikasikan oleh ibu yang bekerja atau pun ibu dengan memiliki ASI berlimpah adalah dengan memerah ASI. Kemudian menyimpannya supaya terus bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Bagi Anda yang memiliki ASI berlimpah, menyimpan ASI bisa jadi cadangan terutama disaat darurat. Tetapi, yang harus Anda tahu bahwa ASI perah memiliki masa tahan atau pun kadaluarsa. Jadi, jangan sampai Anda memberikan ASI perah yang sudah basi pada si kecil dsebabkan salah menyimpannya.

Berapalamakah Asi Ibu Bertahan

Berapa Lamakah ASI Ibu Bertahan?

  • ASI perah bisa bertahan 3 jam sampai 4 jam dalam suhu ruangan biasa, dan bisa bertahan sampai 6 jam pada ruang ber-AC.
  • ASI perah bisa bertahan selama 15 – 24 jam di dalam termos es atau cooler bag maupun cooler box.
  • ASI perah bisa bertahan di dalam lemari es sampai 3 hari, jika ada bahan makanan lain di dalam lemari es tersebut. Dan akan bertahan sampai 7 hari jika tidak ada bahan makanan lain.
  • ASI perah bisa bertahan sampai 3 bulan bila disimpan di dalam freezer, dan bisa bertahan sampai 6 bulan bila disimpan di dalam deep freezer.

Namun, sebelum menyimpan ASI, pastikan terlebih dulu botol penyimpannan dan juga breastpump yang digunakan sudah disterilkan. Segera tutup botol dan simpan di dalam cooler box supaya saat sampai di rumah bisa disimpan di dalam freezer atau langsung diberikan pada si kecil. ASI yang sudah diletakkan di dalam freezer dan dihangatkan, harus segera diminumkan hingga habis. Jika ada sisa lebih baik dibuang saja.

Cara Mencairkan ASI Perah

  • Untuk mencairkan ASI perah yang diletakkan dalam freezer ini bisa menggunakan penghangat ASI elektrik. Bila memang tidak tersedia, Anda bisa menempatkan botol penyimpan ASI perah tersebut ke dalam panci atau pun mangkuk yang berisikan air hangat. Diamkan beberapa menit. Ingat, jangan pernah meletakkan panci atau baskom di atas kompor menyala.
  • ASI perah yang dibekukan ini lebih baik tak langsung dikeluarkan dalam suhu ruangan. Sebab ini bisa mempengaruhi kandungan antibody yang ada di dalam ASI yang berguna bagi bayi.
  • ASI perah beku dari freezer bisa diletakkan lebih dulu di ruangan pendingin di dalam lemari es, lalu dihangatkan. Dan yang paling penting di sini adalah jangan bekukan ulang ASI perah yang sudah dicairkan.
  • Bila ASI perah dibutuhkan segera, maka Anda bisa menempatkannya dibawah air mengalir dengan suhu biasa. Kemudian lanjutkan mengairi dengan menggunakan air hangat. Bila masih belum cukup hangat, tempatkan saja botol di dalam mangkuk yang berisikan air hangat.
  • Walaupun tampak mudah, hindari hangatkan atau cairkan ASI perah dengan menggunakan microwave. Sebab alat ini bisa ciptakan bintik pada botol ASI perah yang berbahaya bagi bayi. Selain itu, perubahan susu yang terlalu cepat pada ASI perah bisa hilangkan kandungan antibody yang diperlukan bayi Anda.
  Tips Cara Mengatasi ASI Ibu yang Tidak Keluar

Sedangkan bagi anda yang memiliki masalah ASI yang sedikit dan tidak lancar, kami sarankan untuk mengkonsumsi Mama ASIX ini. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang berapa lamakah ASI ibu bertahan. Semoga bisa bermanfaat.