Cara Mengatasi Bayi yang Susah Minum ASI

Cara Mengatasi Bayi yang susah minum ASI

Cara mengatasi bayi yang susah minum ASI – Memang tak selamanya seorang bayi bisa dengan mudahnya menerima ASI. Bahkan pada beberapa kasus, ada bayi yang tidak mau untuk disusui pada jangka waktu lama, disebabkan berbagai alasan yang mungkin sangat sulit untuk dipahami. Pada kondisi seperti ini, tanpa disadari sebetulnya bayi sedang mencoba untuk memberitahu bahwasannya ada sesuatu yang berbeda. Jay L. Hoecer, MD dari Mayo Clinic mengatakan bahwa situasi yang seperti ini memang tak selalu mudah, apalagi untuk cari tahu penyebabnya. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab pada artikel ini kami akan membagikan solusinya untuk Anda. Untuk mengetahuinya simak yuk cara mengatasi bayi yang susah minum ASI di bawah ini.

Cara Mengatasi Bayi yang Susah Minum ASI

Selama tidak mau menyusui, bayi akan lebih cenderung jauhi payudara sang ibu, lalu diikuti dengan tangisan. Mogok menyusui bisa terjadi secara tiba – tiba dan secara bertahap intensitas menyusui bayi yang akan berkurang. Menurut Hoecker sendiri, bahwa biasanya bila bayi susah atau tidak mau minum ASI, maka dalam beberapa hari ke depan mereka akan kembali tertarik untuk menyusui dan kembali pada pola menyusui yang normal.

Tetapi kadang menyusui pemogokan akan terus berlanjut selama beberapa minggu. Akibatnya bukan tak mungkin akan berdampak pada kondisi psikis ibu, sebab merasa ditolak dan frustasi. Hal paling penting yang harus Anda lakukan di sini adalah tetap tenang dan jangan sekalipun merasa bersalah.

Cobalah untuk tetap bersabar pada saat Anda mengelola perubahan dalam kebiasaan makan bayi. Coba lakukan cara lain untuk berikan ASI pada bayi Anda, misalnya dengan menggunakan sendok, botol, atau pipet gelas. Selain itu, Anda juga bias mempertimbangkan cara – cara berikut ini.

  Agar ASI Ibu Cepat Keluar

Terus mencoba

Terus tawarkan payudara Anda pada bayi, terutama saat ia mengantuk. Bila bayi Anda frustasi dan berhenti, cobalah beberapa saat kemudian.

Mengubah posisi

Coba berbagai posisi menyusui. Bila bayi Anda merasa sesak, tempat saja ia dalam posisi tegak selama menyusui.

Berdamai dengan gangguan

Coba menyusui bayi di ruangan gelap, tenang tanpa gangguan. Jangan berbicara atau menonton televisi sembari menyusui.

Meluangkan waktu berpelukan

Coba tingkatkan intensitas pertemuan dengan bayi Anda. Misalnya saja dengan lebih sering memeluk, menenangkan, dan membelai bayi. Mandi dengan air hangat bersama bayi Anda skin to skin untuk bantu bangun kembali kepercayaan.

Mengatasi masalah gigi bayi

Bila bayi mulai tumbuh gigi, ada baiknya gosok gusinya dengan handuk dingin atau pun jari Anda sebelum menyusui. Bila bayi Anda menggigit Anda selama menyusui, silakan slipkan jari Anda dalam mulut bayi untuk istirahatkan sejenak pemberian ASI.

Evaluasi perubahan rutinitas

Pikirkan mengenai berbagai perubahan dalam rutinitas Anda yang mungkin saja mengganggu bayi Anda. apa Anda alami stress? Konsumsi obat – obatan atau menggunakan produk baru? Apa pola makan Anda berubah? Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan perfum, sabun yang beraroma, lotion, maupun deodorant di sekitar payudara. Bila pemogokan menyusui ini berlangsung lebih dari beberapa hari, atau Anda khawatir jika bayi Anda tidak mendapat nutrisi yang cukup, silakan konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda.

Selain hal tersebut, apalagi Anda memiliki masalah lain, misalnya saja ASI yang keluar tidak lancar, dan banyak, maka solusi terbaik untuk mengatasi masalah Anda tersebut adalah dengan mengkonsumsi Mama ASIX. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

  Apa Akibatnya Jika ASI Banyak Tapi Tidak Keluar?

Manfaat :

Membantu memperlancar keluarnya ASI
Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

Lebih aman, 100% bahan herbal
Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi bayi yang susah minum ASI. Semoga bisa bermanfaat.