Cara Mengatasi Menyusui Bayi Payudara Sakit

Cara mengatasi menyusui bayi payudara sakit – Tahukah Anda bahwa salah satu masalah yang seringkali dialami para ibu menyusui adalah payudara sakit atau nyeri. Hal tersebut bisa membuat ibu enggan untuk memberikan ASI secara langsung pada si kecil. Segera atasi supaya momen spesial bersama si kecil pada saat menyusui tak terganggu oleh rasa sakit. Ada beberapa hal yang bisa membuat payudara Anda terasa sakit. Ini penjelasannya.

Cara Mengatasi Menyusui bayi Payudara Sakit

Penyebab Payudara Sakit Pada Ibu Menyusui

Produksi ASI yang terlalu banyak

Rasa sakit pada payudara sering menyerang pada wanita yang memproduksi ASI terlalu banyak. Tetapi, bila bayi Anda bisa menyusu dengan baik dan benar, maka produksi ASI Anda nanti akan bisa mengikuti kebutuhan asupan bayi Anda. Kondisi seperti ini umumnya bisa memudar pada 3 bulan pertama penyusui.

Tongue tie

Ini merupakan suatu kelainan bawaan di organ mulut yang sebabkan bayi tak bisa menggerakkan lidah maupun mulutnya dengan baik. Hal tersebut mungkin saja bisa buat ia tak mampu menyedot ASI secara maksimal.

Payudara bengkak

Pembengkakan bisa saja terjadi akibat membanjurnya ASI pada payudara Anda dan derasnya aliran darah ke area tersebut. Selain bengkak, kondisi seperti ini juga bisa buat Anda merasa panas, nyeri, tampak memerah, dan kilap.

Dermatitis atau eksim

Rasa nyeri dan gatal pada putting susu mungkin saja bisa jadi tanda Anda alami dermatitis atau eksim. Ini bisa disebabkan karena penggunaan sabun, krim, lotion, atau pun terkena kaporit pada saat berenang.

Infeksi jamur

Thrush adalah infeksi jamur yang paling sering terjadi, juga bisa terjadi pada bayi menyusui. Bila Anda menyusui bayi yang alami kondisi tersebut, kemungkinkan infeksi jamur bisa masuk dalam saluran susu. Saat saluran terinfeksi, maka payudara Anda bisa terasa sangat sakit atau nyeri.

  Larangan – Larangan Bagi Ibu yang Sedang Masa Menyusui

Cara Mengatasi Menyusui Bayi Payudara Sakit

  • Pastikan terlebih dulu puting susu Anda dalam keadaan kering sebelum menggunakan bra.
  • Gunakan bra longgar, tanpa kawat, dan terbuat dari bahan katun. Ini bertujuan agar sirkulasi udara di area payudara jadi lebih lancar.
  • Bersihkan area puting hanya menggunakan air. Jangan pernah menggunakan sabun, sebab zat yang ada di dalamnya bisa membuat kulit jadi kering.
  • Bila puting susu Anda alami pecah – pecah hingga berdarah, coba oleskan potreleum jelly.
  • Jika Anda atau bayi Anda alami infeksi jamur, dokter bisa resepkan obat anti jamur.
  • Coba berbagai posisi yang bisa buat Anda lebih nyaman pada saat menyusui.
  • Apabila penyebabnya mastitis yang terinfeksi bakteri bernama pathogen, maka Anda bisa minum obat antibiotik atau pun pereda nyeri yang direkomendasikan dokter. Anda juga disarankan untuk istirahat yang cukup, lanjutkan menyusui dan minumlah air putih yang banyak, supaya tubuh Anda dapat melawan dengan baik infeksi yang terjadi di payudara.
  • Kompres payudara Anda menggunakan handuk hangat sebelum menyusui. Hal tersebut bisa bantu susu untuk mengalir lebih lancar lagi. Setelah menyusui, kompres payudara menggunakan handuk dingin atau pun daun kubis putih. Cara tersebut mungkin dapat mengurangi terjadinya pembengkakan di payudara.

Walaupun demikian, cara di atas tak akan efektif jika bayi Anda memang masih belum bisa memposisikan lidahnya dengan baik pada saat menyusu. Dan jika Anda memiliki masalah dengan produksi ASI yang sedikit, solusi terbaik buat Anda untuk memperbanyak produksi ASI adalah dengan mengkonsumsi Mama ASIX.

Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

  Ibu Menyusui Boleh Donor Darah?

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)

Demikianlah tadi informasi tentang cara mengatasi bayi payudara sakit yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *