Ibu Menyusui Boleh Donor Darah?

Ibu Menyusui Boleh Donor Darah

Ibu menyusui boleh donor darah – Anda yang sebelum melahirkan dan menyusui suka donor darah mungkin akan selalu menginginkannya, lantas apakah ibu menyusui boleh donor darah? Donor darah memang merupakan suatu tindakan yang sangat manusiawi karena itu donor darah menjadi suatu kegiatan yang sangat baik dilakukan.

Akan tetapi untuk ibu menyusui, ibu menyusui boleh donor darah? Bagi Anda yang ingin tahu tentang hal ini, berikut beberapa informasi yang perlu Anda simak sebelum benar – benar memutuskan Anda akan donor darah atau tidak ketika dalam masa menyusui.

Ibu Menyusui Boleh Donor Darah

Informasi Apakah Ibu Menyusui Boleh Donor Darah

Menurut Palang Merah Indonesia (PMI) Ibu menyusui boleh donor darah selama ia masih memenuhi syarat. US Red Cross memberikan syarat minimal 6 bulan setelah melahirkan baru ibu menyusui boleh donor darah. Sementara dalam kondisi melahirkan dengan bantuan transfusi darah, maka seorang wanita harus menunggu sampai 12 bulan setelah melahirkan jika ingin mendonorkan darahnya untuk keperluan yang manusiawi.

Mengenai adanya larangan untuk boleh atau tidak boleh ibu menyusui melakukan donor darah juga lebih mengarah pada suatu anjuran. Itu artinya boleh ditaati namun diberikan kebebasan juga untuk memilih. Dalam beberapa penelitian juga menyebut jika proses pengambilan darah cukup banyak dikhawatirkan akan mengganggu proses produksi ASI yang dibutuhkan oleh buah hati mereka sendiri. Tentunya lebih baik bisa memberikan ASI dengan lancar daripada donor darah untuk kemanusiaan akan tetapi ujung – ujungnya pusing sendiri kalau ASI untuk si buah hati tidak lancar.

Jika memang seorang ibu menyusui terpaksa ingin donor darah untuk kebutuhan kemanusiaan, seorang ibu menyusui tetap harus memenuhi beberapa syarat yang diberlakukan diantaranya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, tidak sedang dalam konsumsi obat – obatan, tidak sedang menderita penyakit tertentu seperti hipertensi, diabetes, atau kelainan darah dan ibu memiliki berat badan minimal 45 kg.

  Manfaat ASI Untuk Ibu Menyusui

Sebelum melakukan donor darah, ibu menyusui sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter tentang kondisi kesehatannya. Hal ini juga karena khawatir efek kesehatan yang timbul pasca donor darah dan mengganggu aktivitasnya dalam menyusui si buah hati.

Agar ASI tetap lancar walau donor darah, disarankan asupan gizi yang diasup oleh bunda selalu tepat. Kebutuhan protein, zat besi, vitamin, mineral dan berbagai asupan gizi lain yang penting untuk melancarkan ASI harus dipenuhi agar ASI tetap lancar walau sedang melakukan donor darah.

Kini banyak makanan pelancar ASI yang dapat Anda konsumsi mulai dari aneka buah, daun katuk, bayam, sayuran hijau dan masih banyak yang lain. Jika dirasa kurang, teh pelancar ASI juga dapat menjadi solusinya.

Untuk melancarkan ASI Anda dengan teh pelancar ASI herbal, kami rekomendasikan agar Anda memilih Mama Asix. Teh Mama Asix merupakan sebuah teh pelancar ASI yang sepenuhnya dibuat dari bahan – bahan herbal.

Mama Asix didalamnya mengandung berbagai bahan herbal diantaranya fenugreek, adas, bunga lawang, habbatussauda, temulawak serta kayu manis. Bahan – bahan herbal tersebut berkontribusi secara aktif untuk dapat dijadikan cara memperbanyak ASI secara cepat dan tepat. Mengenai cara penyajian Mama Asix juga tentu sangat mudah. Anda seduh 1 tea bag dengan menggunakan air panas 200 ml. Minum 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari. Minuman ini dapat disajikan dengan kondisi panas atau dingin dan bisa ditambah pemanis. Disarankan Anda menggunakan madu dan bukan gula.

Pahami dulu riwayat kesehatan Anda dan jangan lupa konsumsi makanan pelancar ASI sebelum donor darah. Imbangi dengan Mama Asix yang sangat ampuh melancarkan ASI Anda.