Ibu Menyusui Haid Tidak Teratur

Ibu menyusui haid tidak teratur – Apa penyebab ibu menyusui haid tidak teratur? Diantara Anda yang sudah pernah menyusui mungkin sudah tidak asing lagi dengan masalah ini. Beberapa ibu menyusui menganggap ini adalah masalah walaupun beberapa yang lain tidak menganggap ini sebagai suatu masalah.

Apapun anggapan Anda tentang ibu menyusui haid tidak teratur, sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa hal ini bisa terjadi. Di bawah ini kami berikan informasi lengkapnya untuk Anda apa yang menjadi penyebab ibu menyusui haid tidak teratur. Mari kita cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Ibu Menyusui Haid Tidak Teratur

Penyebab Ibu Menyusui Haid Tidak Teratur

Anda harus tahu bahwa didalam tubuh ibu menyusui terdapat sebuah hormon yang dikenal dengan nama Hormon Prolactin. Hormon ini selain memiliki fungsi untuk memproduksi ASI ternyata hormon ini juga mencegah terjadinya menstruasi. Menyusui menjadikan tingkat hormon tersebut akan tinggi sehingga semakin lama ibu menyusui maka semakin besar pula kemungkinan periode menstruasinya mengalami masalah.

Masalah ini biasanya akan lenyap ketika ibu mulai menyapih anaknya. Nantinya ketika anak sudah disapih maka periode menstruasi akan kembali dengan cepat dan kembali berlangsung normal. Selain karena pengaruh hormon, ada beberapa penyebab lain yang memungkinkan ibu menyusui haid tidak teratur, diantaranya :

  • Ibu yang tidak menyusui dan hanya memberikan susu botol pada bayi, kemungkinan akan mengalami periode menstruasi lebih cepat yaitu satu atau dua bulan setelah melahirkan.
  • Ibu yang memberikan kepada si bayi berupa ASI eksklusif kemungkinan tidak mengalami periode menstruasi dalam jangka waktu yang panjang berupa hitungan minggu, bulan bahkan juga ada yang bertahun – tahun.
  • Ketika ibu sedang memompa ASI juga bisa mengalami masalah haid kecil dimana ia akan mengeluarkan darah dari vagina dalam jumlah yang sangat sedikit.
  • Ibu juga bisa mengalami masalah penurunan produksi ASI sebelum periode menstruasinya dimulai karena hal ini terjadi akibat tingkat hormon yang mengalami naik turun.
  • Penyebab yang lainnya adalah karena puting payudara sensitif selama menstruasi karena perubahan hormon didalam tubuh ibunya.
  Bagaimana Ketika Ibu Sedang Menyusui Demam?

Tetapi sebenarnya ibu menyusui haid tidak teratur tidak menjadi masalah yang berarti pada Anda. Yang terpenting sebenarnya dan harus menjadi fokus perhatian adalah bagaimana supaya Anda tetap mengupayakan agar produksi ASI Anda selalu konsisten.

Agar ASI Anda terproduksi secara konsisten dan lancar selalu, baiknya Anda mengonsumsi makanan pelancar ASI. Banyak makanan pelancar ASI yang dapat Anda konsumsi mulai dari makanan pelancar ASI berupa pepaya, daun katuk, daun bayam, sup dengan aneka sayur, wortel, biji adas, biji jintan hitam dan masih banyak lagi.

Selain mengonsumsi makanan pelancar ASI, Anda juga disarankan mengonsumsi air putih diimbangi mengonsumsi teh pelancar ASI. Kami sangat rekomendasikan Anda memilih Mama Asix untuk melancarkan ASI.

Mama Asix merupakan suatu suplemen pelancar ASI atau tepatnya teh pelancar ASI yang dapat membantu para ibu menyusui untuk semakin melancarkan dan memperbanyak ASI sehingga bisa keluar lebih lancar. Mama Asix didalamnya mengandung berbagai bahan herbal diantaranya fenugreek, adas, bunga lawang, habbatussauda, temulawak serta kayu manis. Bahan – bahan herbal tersebut berkontribusi secara aktif untuk dapat dijadikan cara memperbanyak ASI secara cepat dan tepat.

Jadi, jangan permasalahkan ibu menyusui haid tidak teratur. Yang terpenting Anda upayakan untuk melancarkan ASI bersama makanan pelancar ASI didampingi Mama Asix yang sudah terpercaya sejak dulu.

You may also like...