Ibu Menyusui Puasa Bayi Mencret?

Ibu menyusui puasa bayi mencret – Banyak ibu menyusui ketika memasuki bulan ramadhan mengeluh dan bertanya, benarkah jika ibu menyusui puasa bayi mencret? Memang memasuki bulan ramadhan semua umat Islam harus menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi khusus untuk ibu hamil dan ibu menyusui tidak diwajibkan atas dirinya menjalankan ibadah puasa.

Hanya saja memang beberapa ibu hamil dan menyusui yang merasa mampu berpuasa lebih memilih menjalankan ibadah puasa di tengah karunia Tuhan berupa anak atas dirinya. Jika memang diantara Anda ada yang menyusui dan kebetulan mengalami masalah bayi mencret selama Anda menjalankan ibadah puasa, Anda harus tahu alasannya mengapa ketika ibu menyusui puasa bayi mencret.

Ibu Menyusui Puasa Bayi Mencret

Alasan Mengapa Ibu Menyusui Puasa Bayi Mencret

Ketika bulan ramadhan telah tiba memang ada banyak ibu yang ingin tetap berpuasa walau kondisinya tengah menyusui. Sebenarnya ketika ibu menyusui puasa bayi mencret hal ini terjadi bukan karena tanpa sebab.

Ibu yang tengah menyusui bayi di bulan puasa akan mengalami kondisi pola makan yang berubah dan mengalami dehidrasi. Karena itu para pakar sangat menganjurkan untuk ibu tidak berpuasa ketika sedang menyusui bayi berusia 0 – 6 bulan karena ibu menyusui bayi secara rutin setiap 2 sampai 3 jam setiap harinya.

Bayi memang butuh asupan ASI eksklusif sampai 6 bulan yang merupakan sumber energi dan sumber gizi terbaik bagi si bayi. Karena itu sebelum Anda memutuskan untuk berpuasa akan lebih baiknya ibu mempertimbangkan lebih dulu.
Akan tetapi jika memang Anda kekeh ingin melakukan ibadah puasa, jalan satu – satunya yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan kesehatan Anda dan melakukan tips puasa bagi ibu menyusui berikut ini diantaranya :

  Tips ASI Eksklusif Bagi Ibu yang Bekerja

Makan 3 kali sehari

Memang bisa ibu puasa makan 3 kali sehari? Tentu bisa! Ada baiknya Anda tetap melakukan makan 3 kali dalam sehari yaitu di waktu buka puasa, setelah tarawih dan juga di saat sahur. Selalu sediakan buah dan sayur ketika sahur, dan berbuka puasa. Dengan cara ini bisa meminimalisir ketika ibu menyusui puasa bayi mencret. Dengan cara ini Anda bisa tetapkan asupan nutrisi Anda seimbang dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi selama menyusui dalam sehari.

Istirahat dengan cukup

Agar Anda tidak merasa lemas walau tengah menyusui, baiknya Anda kurangi rasa lemas dan lesu pada tubuh. Anda dapat tidur atau tenangkan pikiran dan selalu berpikir positif. Dengan begini akan sangat baik untuk bayi Anda.

Tambah asupan teh pelancar ASI Mama Asix

Selain Anda disarankan minum air sesering mungkin untuk menghidrasi tubuh Anda di waktu puasa, yang juga perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi teh pelancar ASI. Kini memang ada banyak teh pelancar ASI yang beredar, akan tetapi kami rekomendasikan agar Anda memilih teh pelancar ASI Mama Asix. Mengapa Mama Asix?

Karena Mama Asix punya banyak kelebihan dibandingkan teh pelancar ASI yang lain. Mama Asix merupakan teh pelancar ASI yang 100% dibuat dari bahan – bahan herbal. Teh ini juga praktis karena dikemas dalam bentuk teh kantong yang bisa Anda bawa kemana – mana. Anda akan lebih hemat dengan Mama Asix karena bisa dikonsumsi untuk 1 bulan. Belum lagi cara penyajian Mama Asix sangat mudah dan praktis.

Jika Anda tak ingin mengalami kondisi ibu menyusui puasa bayi mencret, itulah beberapa tips yang perlu Anda lakukan jika Anda masih tetap ingin puasa ketika menyusui bayi. Semoga informasi diatas bermanfaat.

  Apa ya yang Tidak Diperbolehkan Ketika Ibu Sedang Menyusui?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *