Kapan ASI Ibu Akan Keluar?

Kapan Asi Ibu Akan Keluar

Kapan ASi ibu akan keluar – Perlu Anda tahu bahwa salah satu tanda awal dari kehamilan ini adalah payudara yang mulai terasa sakit atau perih. Setelah itu, terjadi perubahan payudara yang biasanya ditandai dengan mulai membesarnya ukuran payudara seiring dengan makin bertumbuhnya bayi di dalam kandungan. Hal tersebut pastinya wajar dan normal, sebab kelenjar penghasil ASI di dalam payudara ini mulai diaktifkan untuk produksi ASI sebagai persiapan untuk sambut kelahiran bayi.

Kapan Asi Ibu Akan Keluar

Lalu, Kapan ASI Ibu Akan Keluar?

Kelenjar ASI adalah suatu kumpulan sel yang ada di bagian atas payudara Anda. Nah, pada saat melahirkan dan juga plasenta keluar, maka akan terjadi perubahan hormon progesterone di dalam tubuh. Serta juga hormon penghasil ASI atau yang juga disebut dengan prolaktin akan meningkat untuk memberitahukan pada kelanjar ASI agar segera memproduksi dan mengirimkannya ke saluran ASI.

Khususnya pada beberapa wanita, pada saat memasuki trimester ke-3 kehamilan, sering sekali ditemukan adanya cairan yang menetes dari puting payudaranya. Akan tetapi banyak juga yang tak alami hal tersebut. Cairan yang menetes dari puting ini adalah kolostrum, atau pun ASI awal. Kolostrum tersebut merupakan imunisasi pertama bagi bayi, sebab mengandung antibody yang cukup tinggi dan berguna untuk melapisi dinding susu bayi yang masih belum bertumbuh dengan sempurna. Ia tak akan pernah habis dan akan terus ada hingga bayi dilahirkan ke dunia. Bahkan akan bertahan selama 3 hari sebelum akhirnya berubah jadi ASI transisi.

Jadi, kapan ASI ibu diproduksi apabila pada trimester ke-3 kehamilan pada beberapa ibu kolostrumnya sudah mulai keluar? Jawabannya adalah pada trimester ke-2 kehamilan atau pun memasuki minggu ke-16. Pada masa ini hormon prolaktin sudah mulai aktif bekerja dengan baik. Yang mana hormon tersebut mulai memproduksi ASI untuk persiapkan ketersediaan ASI pada saat bayi dilahirkan hingga dengan periode menyusui selesai.

  ASI Ibu yang Masuk Angin

Sering sekali kita mendengar, bahwasannya ASI baru akan keluar pada hari ke-2 dan juga ke-3, atau pun ASI tidak akan keluar sama sekali pada saat bayi baru saja dilahirkan ke dunia. Anggapan yang demikian tersebut pasti saja kurang tepat, sebab tubuh ibu sudah mempersiapkan makan makanan terbaik bagi bayi, yakni ASI sejak memasuki trimester ke-2 masa kehamilannya. Kolostrum yang jumlahnya masih sangat sedikit ini akan keluar dalam bentuk cairan seperti minyak dengan warna putih bening atau agak kekuningan. Bahkan akan semakin lancar keluar apabila distimulasi dengan hisapan mulut bayi Anda.

Oleh sebab itulah sangat penting sekali buat Anda untuk melakukan proses inisiasi menyusui sejak dini segera setelah bayi lahir. Dam dilanjutkan dengan melakukan perawatan gabung untuk membantu ibu dalam mensukseskan menyusui bayinya secara eksklusif.

Selain hormon prolaktin, hormon lain yang juga mempengaruhi produksi ASI adalah hormon oksitosin, yang biasanya dikenal dengan hormon kasih saying. Dinamakan demikian sebab ada kaitannya dengan suasana hati serta perasaan saat menyusui. Jika ingin hormon tersebut bekerja aktif, maka ciptakan suasana yang menyenangkan pada saat menyusui. Cara kerja hormon ini adalah dengan hisapan yang semakin sering dihisap bayi, maka produksi ASI akan jadi semakin berlimpah.

Namun, bagi Anda yang ingin meningkatkan dan memperbanyak produksi ASI, solusi terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi Mama ASIX ini secara rutin dan teratur. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

  Cara Mengatasi Payudara Sakit Akibat ASI Banyak

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)

Demikian informasi tentang kapan ASI ibu akan keluar, yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.