Manfaat ASI Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Asi Untuk Ibu Menyusui

Manfaat ASI untuk ibu menyusui – Memberikan ASI bagi bayi memang biasa dilakukan oleh semua ibu yang baru saja melahirkan. Akan tetapi, sebenarnya keputusan tersebut memang dilakukan sendiri oleh para orangtua. Sehingga ada ibu yang ambil keputusan untuk menyusui, namun ada pula yang tidak. Semua proses ini dimulai sejak seorang wanita hamil atau mengandung. Perubahan payudara akan dimulai sejak hamil, yakni pada saat payudara mulai penuh, tampak lebih besar, bengkak, lembut, dan puting yang berwarna lebih gelap jika dibandingkan area di sekitarnya. Perubahan tersebut bukan sekadar sebuah petunjuk dari alam, akan tetapi juga dukungan fisik bagi ibu hamil untuk bersiap bisa menyusui anak yang dilahirkannya tersebut.

Hampi semua tenaga kesehatan lebih menyarankan agar ibu yang baru melahirkan bisa memberikan ASI untuk bayinya selama 6 bulan. Langkah tersebut lebih sering disebut dengan pemberian ASI eksklusif. Akan tetapi kadang kalanya ada banyak hal yang menjadikan seseorang sering tidak bisa memberikan ASI buat anak mereka. Pada dasarnya memberikan ASI memiliki peranan penting bagi bayi dan ibu. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat ASI untuk ibu menyusui yang harus Anda tahu.

Manfaat Asi Untuk Ibu Menyusui

Manfaat ASI Untuk Ibu Menyusui

Cegah terjadinya perdarahan

Menyusui bayi dengan segera setelah dilahirkan ternyata bisa mendorong terjadinya kontraksi rahim dan cegah terjadi perdarahan. Ini pastinya bisa membantu percepat proses kembalinya rahim ke posisi semula.

Kurangi berat badan berlebih

Menyusui ternyata juga bisa bantu ibu mengurangi berat badan yang berlebih. Sebagai informasi, bahwa saat menyusui itu artinya sama dengan membakar kalori sebesar 200 – 500 kalori per hari. Jumlah kalori yang sama bila Anda berenang selama beberapa jam atau pun baik sepeda selama 1 jam.

  ASI Ibu yang Masuk Angin

Kurangi resiko terena kanker payudara dan kanker rahim

Manfaat ASI untuk ibu menyusui yang selanjutnya adalah bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara. Diperkirakan persentase pencegahannya mencapai 20%. Beberapa laporan juga sebutkan bahwasannya menyusui ini ternyata bisa membantu kurangi resiko terkena kanker indung telur dan juga kanker rahim.

Sebagai ungkapan kasih sayang

Menyusui juga merupakan ungkapan kasih sayang dari ibu pada bayinya. Hubungan batin antara ibu dengan bayi akan terjalin erat, sebab pada saat menyusui bayi menempel di tubuh ibu. Bayi juga dapat mendengarkan detak jantung ibu, rasakan kehangatan sentuhan kulit ibu, dan juga dekapan ibu.

Sangat praktis dan ekonomis

Selain komposisinya yang sangat sempurna, ternyata ASI juga sangat praktis dan ekonomis. Sekarang harga susu formula lebih cenderung terus meningkat, memberikan ASI bisa mengurangi biaya untuk membeli susu formula yang cukup mahak. Selain hal tersebut, ASI juga sangat praktis, Anda tak perlu repot mencuci atau pun merebus botol pada masa pemberian ASI eksklusif, sehingga bisa menambah waktu istirahat Anda, terutama saat malam hari.

Namun, buat Anda yang memiliki masalah dengan produksi ASI yang kurang lancar dan banyak, solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengkonsumsi Mama ASIX. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)
  Apa ya yang Tidak Diperbolehkan Ketika Ibu Sedang Menyusui?

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang manfaat ASI untuk ibu menyusui. Semoga saja bisa bermanfaat.