Mengapa Payudara Terasa Memar dan Sakit Ketika ASI Tidak Lancar Keluar?

Mengapa Payudara terasa Memar dan sakit ketika ASI tidak lancar keluar

Mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika ASI tidak lancar keluar – Masalah yang kerap dialami oleh ibu menyusui memang terbilang banyak, mulai dari ASI yang tersumbat, ASI yang terlalu banyak keluar, hingga rasa sakit pada payudara. Hal yang demikian ini umumnya disebabkan karena gigitan bayi pada saat menyusu yang terlalu kencang, sehingga membekas jadi luka. Selain hal tersebut, juga ada yang diakibaykan karena terlalu menumpuknya ASI. Nah, karena itu kami akan ulaskan mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika ASI tidak lancar keluar? Untuk itu, penting sekali buat Anda untuk menyimak hingga akhir artikel ini.

Mengapa Payudara terasa Memar dan sakit ketika ASI tidak lancar keluar

Mengapa Payudara Terasa Memar dan Sakit Ketika ASI Tidak Lancar Keluar?

Payudara tersumbat

Alasan pertama mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika ASI tidak lancar keluar adalah payudara yang tersumbat. Penyumbatan payudara ini umumnya akibat dari kotoran yang ada di area puting, jadi ASI yang keluar jadi tidak lancar. Sebaiknya Anda membersihkan payudara secara rutin dengan menggunakan handuk dan air hangat. Utamakan untuk membersihkan bagian puting saja, supaya tak ada kotoran yang menyumbat jalan keluarnya ASI Anda.

Terjadi pembengkakan pada payudara

Terjadinya pembengkakan pada payudara juga jadi salah satu alasan kenapa payudara terasa memar dan sakit ketika ASI tidak lancar keluar. Yang demikian ini karena produksi ASI yang terjadi terus menerus dan menumpuk serta tak bisa keluar sehingga menimbulkan bengkak. Payudara yang bengkak ini jadi salah satu penyebab adanya rasa sakit. Jadi sebaiknya Anda memompa ASI supaya payudara Anda tidak menumpuk. Untuk mempompa Anda bisa gunakan alat pompa atau memerah secara manual. Jangan lupa untuk melakukannya dengan cara yang benar dan pastikan alat tersebut steril sebelum digunakan.

  Berapa Lamakah ASI Ibu Bertahan?

Terdapat luka pada putting payudara

Alasan berikutnya mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika ASI tidak lancar keluar juga bisa diakibatkan oleh luka di puting payudara Anda. Nah, luka tersebut bisa saja terjadi karena bayi yang terlalu keras pada saat menggigitnya, sehingga akan timbulkan luka. Untuk ASI yang tak lancar keluarnya bisa sakit dan terasa sangat perih, apalagi pada saat ASI produksinya sangat lancar, tentu akan jadi lebih perih lagi.

Selain hal tersebut, untuk mengatasi gigitan bayi ini, Anda bisa menekan hidung si kecil selama 1 detik supaya gigitanya bisa terlepas. Atau mungkin bisa dengan menggunakan jari kelingking yang dimasukkan ke dalam sela – sela gigitan bayi supaya bisa terlepas. Hal satu ini adalah salah satu cara paling efektif supaya puting Anda tidak terluka.

Memang cara untuk atasi payudara sakit sangatlah mudah, seperti halnya dengan mengurangi ASI akibat dari pembengkakan dengan cara memompa ASI dan mengkompres menggunakan handuk serta air hangat. Tetapi, ada baiknya Anda mencegah setiap saat supaya payudara tidak terasa memar maupun sakit dengan memompanya secara rutin.

Namun, untuk Anda yang memiliki masalah dengan produksi ASI yang kurang lancar, solusi terbaiknya yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah dengan mengkonsumsi Mama ASIX satu ini. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)
  Manajemen ASI Untuk Ibu Bekerja

Demikian tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika ASI tidak lancar keluar. Semoga bermanfaat.