Solusi Cara Mengatasi ASI Ibu Belum Keluar Setelah Melahirkan

Solusi Cara Mengatasi Asi Ibu Belum Keluar Setelah Melahirkan

Solusi cara mengatasi ASI ibu belum keluar setelah melahirkan – Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa, selama usia kehamilan trimester ke-2 dan ke-3, tubuh ibu hamil ini biasanya akan memproduksi ASI secara terus menerus. Produksi ASI tersebut terjadi secara alamiah sebagai suatu reaksi tubuh yang akan segera melahirkan. Dan setelah beberapa menit melakukan proses persalinan, ASI tersebut biasanya akan segera keluar lewat inisiasi penyusui dini atau IMD yang dilakukan secara langsung dengan menyusui bayinya.

Tetapi, ada kalanya pada beberapa wanita, ASI tersebut justru tidak keluar saat dilakukannya IMD. Atau walau keluar, namun alirannya sangat sedikit dan juga tidak lancar. Kondisi yang seperti sebenarnya tak perlu terlalu dikhawatirkan, sebab sudah ada solusi cara mengatasi ASI ibu belum keluar setelah melahirkan. Mau tahu bagaimana solusi cara mengatasinya? Langsung saja simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Solusi Cara Mengatasi Asi Ibu Belum Keluar Setelah Melahirkan

Solusi Cara Mengatasi ASI Ibu Belum Keluar Setelah Melahirkan

Penuhi kebutuhan nutrisi

Bagi ibu menyusui, memperhatikan nutrisi sangat penting peranannya. Dalam memilih makanan ada baiknya pilih jenis makanan yang bisa buat produksi ASI. Pemilihan nutrisi bagi ibu menyusui ini memang sedikit berbeda, sebab lebih andalkan beragam makanan yang tak hanya bisa meningkatkan kadar ASI, akan tetapi juga harus memberikan dampak yang baik bagi sih kecil. Semua makanan yang dikonsumsi ibu menyusui ini nantinya akan dialirkan secara langsung lewat ASI yang diminum bayi Anda.

Hindari stress

Stress memang sering jadi pemicu produksi ASI jadi lebih sedikit. Untuk itu, jangan yang terlalu memikirkan hal – hal yang bisa jadi beban pikiran sampai membuat produksi ASI terhambat. Meskipun ini sering anggap sepele, tetapi tingkat stress sering mengganggu pikiran. Apalagi bagi ibu menyusui yang hanya produksi ASI sedikit. Bila yang demikian terus jadi beban, maka akan buat produksi ASI jadi semakin berkurang. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil menghindari apa saja yang menjadikannya stress, sebab akan berpengaruh pada produksi ASI.

  Berapa Lamakah ASI Ibu Bertahan?

Hindari rokok dan alkohol

Harus Anda tahu bahwa apa yang dikonsumsi saat hamil akan berpengaruh besar saat bayi terlahir. Misalnya saja saat ASI yang diproduksi kurang banyak atau tidak keluar sama sekali, hal tersebut disebabkan karena merokok atau pun pengkonsumsian alkohol serta obat – obatan saat hamil. Bagi ibu yang ingin berikan yang terbaik untuk anaknya, lebih baik hindari minuman yang mengandung alkohol sebab sangat berpengaruh pada produksi ASI.

Biarkan bayi menyusu sesering mungkin

Hal satu ini ada baiknya dilakukan pada saat bayi baru lahir. Bayi yang baru dilahirkan biasanya akan diletakkan di atas payudara, yang demikian dilakukan untuk bantu rangsang keluarnya ASI. Bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, lebih baik sering meletakkan bayinya di atas payudara agar lebih mudah merangsang keluarnya ASI.

Kompres payudara dengan air hangat

Air hangat juga bisa merangsang keluarnya ASI, apalagi jika disertai dengan memijat area payudara Anda. Bagi ibu yang hanya produksi ASI sedikit setelah melahirkan, lebih baik coba cara satu ini sebab sudah terbukti ampuh. Hal tersebut dikarenakan air hangat jauh lebih mudah merangsang air susu dan mampu lancarkan keluarnya ASI. Bayi yang baru dilahirkan harus lebih banyak diberikan ASI supaya nutrisinya tercukupi dengan baik.

Selain dengan melakukan cara di atas, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi Mama ASIX. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak dan Kayu Manis.

  Tips Cara Mengatasi ASI Ibu yang Tidak Keluar

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)

Demikian informasi tentang solusi cara mengatasi ASI ibu belum keluar setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.