Tips Cara Mengatasi ASI Ibu yang Tidak Keluar

Tips cara mengatasi Asi Ibu yang Tidak Keluar

Tips cara mengatasi ASI ibu yang tidak keluar – Pasca melahirkan, ASI (Air Susu Ibu) biasanya akan langsung bisa dikeluarkan, sehingga ibu bisa langsung lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Inna Banani dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) mengatakan bahwa ASI ini diproduksi selama masa kehamilan, jadi salah bila ada yang beranggapan bahwa setelah melahirkan ASI belum bisa keluar, sebab belum bisa memproduksi ASI.

Inna juga menambahkan bahwa ada banyak ibu muda yang beranggapan bahwasannya ASI bisa langsung keluar seperti alir yang mengalir secara tiba – tiba. Padahal mekanismenya bukan seperti itu. ASI akan keluar saat puting payudara mendapat rangsangan dari mulut bayi. Rangsangan tersebut akan buat hormon eksitosin meningkat dan payudara keluarkan ASI.

Akan tetapi, dalam kasus – kasus tertentu, seperti halnya bayi lahir prematur, ibu tidak langsung bisa lakukan IMD. Akibatnya, ASI tak bisa keluar, sebab hormon oksitosin yang tidak terangsang. Bila menghadapi masalah seperti ini Anda bisa lakukan rangsangan lain untuk stimulasi peningkatan hormon oksitosin tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa tips cara mengatasi ASI ibu yang tidak keluar bisa Anda coba.

Tips cara mengatasi Asi Ibu yang Tidak Keluar

Tips Cara Mengatasi ASI Ibu yang Tidak Keluar

Menenangkan diri dan jangan langsung panik

Pada saat belum bisa keluarkan ASI, biasanya ibu yang baru melahirkan akan langsung panik. Bila ini terjadi pada diri Anda, coba untuk menenangkan diri Anda terlebih dulu. Duduk dengan tenang. Ketenangan ini nanti akan membantu Anda dalam menstimulasi otak dan juga memerintahkan pengeluaran oksitosin yang merangsang keluarnya ASI.

Kontak kulit dengan bayi Anda

Pada saat bayi lahir prematur, mungkin saja Anda tidak akan bisa langsung menyusui si kecil. Supaya ASI bisa keluar, solusinya adalah dengan melakukan kontak kulit dengan si kecil.

  Solusi Cara Mengatasi ASI Ibu Belum Keluar Setelah Melahirkan

Hypnobreastfeeding

Untuk tingkatkan produksi ASI, Anda bisa mencoba terapkan hypnobreastfeeding ini di rumah. Teknik tersebut dilakukan dengan cara memasukkan kalimat motivasi dalam pikiran bawah sadar Anda. Anda bisa bayangkan ASI yang sedang mengalir deras seperti air mancur dan si kecil meminum ASI hingga kenyang. Bayangkan ini akan masuk dalam pikiran bawah sadar Anda, sehingga dapat memotivasi Anda dalam memproduksi ASI. Selain itu, Anda juga bisa terapkan teknik pernafasan untuk buatnya jadi rileks.

Minum minuman hangat

Minuman hangat seperti teh, susu, atau pun kopi akan bantu Anda untuk menenangkan diri. Kondisi tubuh yang tenang ini akan bantu mekanisme tubuh kembali normal serta meningkatkan ASI. Dan yang paling penting di sini adalah menghindari stress. Stress akan semakin hambat produksi ASI Anda.

Hangatkan payudara Anda

Umumnya pada saat ASI sulit diperah, payudara akan jadi bengkak. Nah, untuk meredakannya Anda bisa hangatkan payudara dengan cara mengompresnya atau dengan mandi air hangat. Cara ini juga bisa bantu menstimulasi keluarnya ASI.

Rangsang puting susu Anda

Selain dengan rangsangan dari mulut si kecil, rangsangan juga dapat dilakukan dengan cara menarik secara lembut atau pun memutar perlahan puting susu Anda. Bahkan Anda juga bisa memijatnya secara perlahan atau sekadar mengusapnya.

Selain dengan tips cara di atas, Anda juga bisa mengatasi ASI yang tidak keluar ini dengan mengkonsumsi Mama ASIX. Mama ASIX adalah teh pelancar ASI dalam bentuk tea bag, yang bisa membantu para ibu menyusui untuk melancarkan memperbanyak dan meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa keluar lebih lancar dan banyak. Mama ASIX mengandung herbal pilihan diantaranya kandungan: Fenugreek, Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, dan Kayu Manis.

  Cara Mengatasi Payudara Sakit Akibat ASI Banyak

Manfaat :

  • Membantu memperlancar keluarnya ASI
  • Meningkatkan kuantitas ASI

Kelebihan :

  • Lebih aman, 100% bahan herbal
  • Lebih praktis, dalam bentuk teh kantong
  • Lebih hemat, bisa untuk konsumsi 1 bulan (30 hari)

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips cara mengatasi ASI ibu yang tidak keluar. Semoga bermanfaat.